Hot Manga

Occultic Nine menjelaskan Jin secara Ilmiah Dan Sains

Occultic Nine menjelaskan Jin secara Ilmiah Dan Sains

 

Occultic Nine menjelaskan Jin secara Ilmiah Dan Sains - Sudah cukup lama sebenarnya saya ingin merekomendasikan anime ini. Anime yang cukup unik dan berbeda dibandingkan kebanyakan anime, karena keunikan ceritanya. Ya meskipun tidak banyak dikenal orang, namun sebagai salah satu penggemar anime-anime bertemakan dunia IT komputer hacker yang dibalut dengan bumbu-bumbu mistery, so pasti anime ini akan cukup mengobati dahaga kalian yang haus dengan anime-anime seperti ini yang bisa di bilang sudah cukup langka, dewasa kini.

Occultic;nine fandom adalah

Occultic;Nine, sebuah anime yang memadukan elemen paranormal science dan suspensi, merupakan bagian dari franchise Science Adventure yang terkenal. Karya ini digagas oleh Chiyomaru Shikura, seorang penulis berbakat yang telah menghasilkan berbagai cerita menarik. Anime ini sendiri diproduksi oleh Studio A1 Picture yang telah banyak menelurkan beberapa anime-anime menarik seperti Seven Nanatsu No Taizai, Love is War, Lycoris Recoil, dan masih banyak yang lainnya.

Anime Occultic Nine sendiri dirilis pada tahun 2016, berjumlah 12 episode yang berjalan pada bulan oktober hingga akhir desember 2016.

Adaptasi occultic;nine game

Anime Occultic Nine sendiri sebenarnya adalah proyek adaptasi anime yang berasal dari Light Novel berjudul sama karya Chiyomaru Shikura. Uniknya ketika anime ini di rilis dan tamat di episode 12, LN nya sendiri justru masih berjalan dan baru tamat di tahun 2017. Genre yang diusung oleh LN nya sendiri memang sudah sangat jelas ya, dari alur ceritanya yang cukup dark dan berdarah-darah menjadikan LN ini masuk dalam kategori Seinen. Meskipun secara keseluruhan yang menulis cerita ini adalah Chiyomaru Shikura sendiri, namu  untuk bagian ilustrasi dan gambar ia mempercayakan Ganji yang menggambarkan ilustrasinya.
Selain berhasil diadaptasi menjadi anime 1 cour, LN ini juga berhasil diadaptasi menjadi sebuah game Visual Novel berjudul sama yang dirilis pada tahun 2017, beberapa bulan  setelah LN nya tamat. Ya, game ini sendiri di produksi oleh salah satu perusahaan yang dikelola oleh Chiyomaru Shikura sendiri, yaitu Mages. Yang mana, perusahaan ini merupakan pabrik dari segala game Visual Novel karya Chiyomaru Shikura lainnya seperti Steins;Gate, Robotic;notes, Chaos;Head dan masih banyak yang lainnya.

Alur Cerita anime Occultic Nine

Oke, cerita berawal ketika seorang main character bernama Yutaa Gamon, seorang blogger  bernama Kirikiri Bashara yang berfokus membahas hal-hal ghaib, mulai dari tempat angker, hantu dan sebagainya. Meskipun ia sendiri mengaku tidak meyakini adanya hantu, hal ghaib dan sejenisnya. Ia memiliki teman cewek yang juga merupakan teman sekelasnya sendiri yaitu Ryoka Narusawa. Cerita berlanjut ketika Yuuta bertemu dengan seorang seorang cewek yang membuat konten tentang ramalan di internet dan kebetulan dia juga bersekolah di sekolah yang sama dengan Yutaa dan juga Ryoka. Konspirasi pun terjadi ketika mereka bertiga dan beberapa teman yang tidak sengaja mereka temui ternyata terlibat dalam berbagai kasus tidak masuk akal nan keji yang terjadi di dalam anime ini yang ternyata berkesimpulan pada sebuah organisasi rahasia bawah tanah yang mendalangi semua tragedi tersebut.



Review anime Occultic Nine

Meskipun secara plot dasar cerita, anime ini cukup menarik dan cukup langka sebagai sebuah genre anime. Namun, sayangnya anime Occultic Nine hingga review ini dibuat hanya mendapatkan rating sebesar 6,89 rata-rata dari semua aspek penilaian. Banyak penonton yang mengeluhkan terlalu terburu-burunya anime ini dibuat dalam hal cerita dan endingnya yang antiklimax dan terkesan dipaksakan, mengingat durasinya juga yang tidak terlalu banyak karena di paksa hanya dimasukkan menjadi 1 cour season anime saja.

Karena cour yang tidak banyak itulah, mempengaruhi berbagai aspek di dalam anime ini. Selain endingnya yang menggantung, durasi yang dipersempit jelas menjadi masalah. Karena hal ini menjadikan banyak dialog-dialog di dalam anime yang dibuat sepadat mungkin dan di dialognya dipercepat menggunakan aplikasi pengedit suara. Sehingga, jika kalian menonton anime ini mungkin kalian akan sedikit merasakan betapa melelahkannya mendengar mereka berdialog dan berbicara. Karena tidak ada jeda untuk bernafas sedikitpun.
itu baru dalam hal durasi saja, permasalahan lainnya dari anime ini adalah banyak premis-premis misteri yang di hadirkan di awal anime, namun akhirnya justru hal itu menjadi masalah tersendiri karena akhirnya semua premis tersebut tidak bisa diselesaikan dengan tuntas di akhir anime, sehingga kita melihatnya alur cerita anime ini seolah sengaja dibuat menggantung begitu saja oleh sang kreator anime. Belum lagi beberapa plot hole yang terjadi di dalam anime yang mungkin kalo gw sebutkan, akan menjadi spoiler bagi kalian yang belum menontonnya. So, karena itu poin poin tersebut tidak akan saya bocorkan di sini.

Ya, meskipun memang banyak kekurangan disana-sini. Harus kita akui bahwa, cerita seperti anime Occultic;Nine ini cukup unik dan sangat langka kita temui di dalam cerita anime atau bahkan cerita fiksi lainnya dalam bentuk apapun. Salah satu hal yang membuat saya terkagum-kagum adalah bagaimana sang kreator dengan sangat jenius membuat sebuah alur what if tentang sejarah penggalan persaingan 2 orang paling berpengaruh dalam dunia per listrikan, yaitu Tesla dan juga Alfa Edison.
Dimana, diceritakan Tesla dan Edison bersaing satu sama lain sebenarnya bukan hanya karena persaingan di bidang penemuan listrik, namun juga jauh lebih mendalam daripada itu. Ya, di anime ini kita dikejutkan dengan sebuah plot di mana Tesla dan Edison ternyata telah merencanakan penelitian besar untuk meneliti hal-hal ghaib dari sudut pandang sains. Dimana, dikatakan di dalam anime ini adalah hal-hal gaib di dunia ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan yang namanya gelombang elektromagnetik.
Dan, penggarapan scene yang menceritakan hal ini pun menurut saya sangat oke dan pas sehingga membuat saya cukup terkagum kagum dengan plot yang diceritakan.

Overall, bagi saya anime ini cukup bisa dinikmati sebagai sebuah anime karena keunikan plot, premis, dan juga konsep what if yang diusung nya. Selain itu banyak juga beberapa pesan yang sesuai dengan ajaran Islam yang bisa kita dapatkan di dalam anime ini. So, bagi gw sebenernya agak aneh juga, kenapa rating anime ini bisa sangat rendah hanya karena ending dan plot hole yang terjadi. Hanya karena kedua hal itu, seolah meruntuhkan segala keunikan dan misteri mendalam yang diusung sebagai faktor pembeda dari serial ini. Ya, mungkin jika saja sang kreator bisa tidak menempuh jalan hemat, dan rela mengeluarkan uang lebih untuk menggarap setidaknya 1 cour lagi untuk anime ini. Saya rasa, semua hal-hal yang menjadi catatan tersebut akan teratasi. Namun, memang sepertinya serial anime ini dari awal hanya ditujukan untuk mempromosikan Light Novel dan game nya saja. Dimana memang, adaptasi game visual novel dari anime ini di garap setahun setelah perilisan animenya. Jadi ya, bisa kita pahami kenapa anime ini di garap hanya sebanyak 1 cour dan dengan perhitungan yang matang, mereka berusaha menghemat anggaran pengeluaran produksi demi menutupi biaya promosi. Dalam hal penyutradaraan juga, anime bisa bilang cukup bagus dan unik. Terutama dalam hal tata letak sudut pandang kamera. Dimana di beberapa adegan, terlihat Kyōhei Ishiguro sebagai sang sutradara dari anime ini mencoba  bereksperimen dalam dalam hal pengambilan gambar, misalnya ada beberapa adegan yang diambil dalam posisi gambar memutar, ke samping, terbalik, dan lain  sebagainya. Dalam adegan pengungkapan dan analisis serta penjelasan juga disisipkan eksperimental sudut kamera lainnya, yaitu dengan  cara sang pengungkap tubuhnya lebih besar dibandingkan  lawan bicaranya.  Ini bisa dikatakan benar-benar hal baru di dalam industri anime.
Dan sebenarnya yang paling saya suka dari semua itu adalah, anime ini di garap oleh A1 Picture. Ntah kalian akan setuju dengan saya atau tidak, namun bagi saya pemilihan pewarnaan yang dilakukan pada anime  anime  garapan studio ini benar-benar cerah dan berwarna-warni. Jarang kita temui anime-anime lain yang warnanya secerah A1 Picture. Apalagi Studio Mappa yang sudah kita kenal sebagai anime dengan tingkat pewarnaan dark dan cukup gelapnya.

Pesan yang bisa kita ambil Occultic nine ending explained

Ya, seperti yang telah saya singgung sebelumnya.Banyak sekali pesan-pesan tersembunyi yang bisa kita pelajari di dalam anime ini. Dan yang pasti juga sangat sesuai dengan ajaran Islam. Yang pasti sangat sesuai berhubungan dengan ramalan dan ilmu ghaib. Misalnya di salah satu adegan terdapat sebuah penjelasan tentang metode ramalan kartu yang ternyata hanya menggunakan teknik probabilitas alias tebak-tebakan yang biasa dilakukan oleh para penjudi. Ini seolah menjelaskan kepada kita kenapa Islam sangat mengharamkan kita mempercayai ramalan, karena itu tak lebih dari sebuah tebak-tebakan saja. Dengan kata lain ramalan hanyalah sebuah pembodohan komersial yang dilakukan kepada banyak orang, hanya demi keuntungan pribadi. Ya di anime ini dijelaskan bahwa ramalan China kuno hanya menggunakan rumus penghitungan biner yang hanya menggunakan angka 1 dan juga 0. Jadi ramalan itu, jikapun tepat dengan kejadian sesungguhnya, maka itu bisa disebut hanyalah sebuah keberuntungan alias cocoklogi saja.

Ya, selain tentang ramalan. Seperti yang telah kita mention di atas, dimana premis awal anime ini memang menjelaskan tentang ilmu ghaib dari sudut pandang sains. Nah ini juga bisa dikatakan sangat sesuai dengan ajaran Islam. Seperti yang dijelaskan di dalam anime ini, tepatnya di episode 11 dijelaskan bahwa segala macam yang namanya sesuatu hal gaib per gaiban itu tidak lain dan tidak bukan adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi gelombang yang berbeda.
Dikatakan di anime ini bahwa tesla telah menemukan sesuatu yang berhubungan dengan hal-hal ghaib, dan di katakan bahwa jin itu merupakan zat astral yang terdiri dari muatan-muatan gelombang. Ini menjelaskan kenapa menurut Islam, jin itu bisa berjalan di aliran darah.
Ya, anime ini bahkan dijelaskan bahwa roh dan jin itu bisa memadatkan diri dan menampakkan dirinya ke dunia nyata. Namun jika ia menampakkan diri, maka tubuhnya pun akan ikut memadat dan so pasti juga terpengaruh dengan hukum materi dunia nyata. Dengan kata lain, jin yang menampakkan diri bisa dipukul, bisa ditusuk dan bahkan bisa di lenyapkan. Ini sangat sesuai dengan beberapa hadist Rasul, di mana beberapa kisah tersebut menceritakan sahabat nabi berhasil memukul, menyambit dan  bahkan melenyapkan jin yang menampakkan diri menjadi sesuatu.
Dan, sebenarnya apa yang di coba di ungkapkan anime ini tentang penjelasan Jin secara ilmiah, dan juga pengungkapan kemampuan dan dasar-dasar logika jin dalam Islam ini juga bisa saya katakan cukup relevan dengan apa yang terjadi di dunia nyata saat ini. Mungkin bisa saya katakan, anime ini sebenarnya terinspirasi dari beberapa komunitas Ghost Hunter di beberapa negara, dimana mereka berusaha memburu jin jin, makhluk astral dan lain sebagainya menggunakan alat alat modern seperti misalnya radio untuk mendeteksi gelombang elektromagnetik, kamera, pendeteksi thermal dan lain sebagainya.
Komunitas-komunitas seperti ini sendiri sebenarnya sudah sangat banyak di eksis di negara-negara barat seperti misalnya Inggris, Amerika dan lain sebagainya. Dan saya rasa, inilah yang menjadi inspirasi premis awal dari dari anime ini.



Tidak ada komentar